trik motor PENGERTIAN CDI

Pengertian CDI

  • Saya akan mencoba menjelaskan sedikit tentang CDI pada motor. CDI (CAPACITIVE DISCHARGE IGNITION) yaitu suatu komponen atau bagian pada sepeda motor yang berfungsi untuk pengapian. Tanpa CDI ini maka motor anda tidak akan bisa jalan kecuali jika didorong atau ditarik sendiri. CDI ini kalau dulu dinamakan dengan platina. Biasanya pada motor-motor jadul alias jaman dulu. CDI ini pada dasarnya menggantikan fungsi dari platina pada motor motor jadul alias motor di bawah tahun 90 an. Platina ini menerima masukan informasi dari sensor pengatur waktu pengapian dari mesin secara manual untuk melakukan pembakaran di dalam ruang bakar. Akhirnya motor anda bisa dijalankan atau digerakan. Sedangkan CDI bekerja seperti platina tetapi secara elektrik.Diatur oleh komponen-komponen didalamnya.Nah saya juga akan menyampaikan bagaimana cara mengubah Platina ke CDI. Silahkan baca postingan saya selanjutnya. Jangan lupa tinggalkan komentar ya? Thanks you…
Nah ini contoh dari gambar- gambar CDI.

Komentar

victor mengatakan…
bos klo bikin cdi gl 100...yg tanpa pulser gimana?ktnya pk cdi rc bisa mas?..tolong skemanya mas.thx
kang tono mengatakan…
bos kembali buat bung viktor buat gl 100 pakai cdi rc bisa tinggal gulung spool cdinya buang gulungan bekas platina ganti pakai kawat 0,15 atau 0,12 tingal pasang cdi rc cari top pengapian nya geser2 magnit tanpa spi magnit skemanya kan ada di sini cari aja bossss
Anonim mengatakan…
thanks yah bro, ats infox' N sngat brmamfaat buat sy, btw smg sukses sllu bro......
Hadi Maggotz mengatakan…
kLo buat vespa yg ud CDI std. mw ganti pake CDI RC yg DC bs ga ya bro. kLo sempet gw tgu pencerahan'a, trims sbLm'a
kang tono mengatakan…
bang hadi cdi rc ngga stabil buat vespa wlpn bisa lbh baik pakai yg ada pulsernya bisa pakai rxk alfa dan sejenisnya kalau pakai dc bisa tinggal bikin tempat pulsernya dan pakai regulator [kiprok]yang bagus pengin lebih jls ke face book saya
bambancell mengatakan…
kang ,kalo buat astrea star biar lampu depan terang gmana kang,..mohon pencerahannya,mau gua jual sayang aku kang,,, toloooooong,,,,,?
kang tono mengatakan…
justro cell,,,buat lampu star copot kawat lampunya ganti kwt 0,9 gulung sampai penuh cara gujung ke kanan di lapisan ke 5 keluar buat pengisian accu lanjut sampai penuh kl malas gulung pakai spool rc spoolnya lbh besar
u2kusuma mengatakan…
kang kalo service CDI mati bisa ? mau service CDI thunder 250.
Unknown mengatakan…
bos, mau tanya kalau mau ganti CDI gl 100 dg CDI supra x 125 carany gmn..?
kang tono mengatakan…
mie jowo enak tenan hehe bisa um pk cdi 125 berarti dc jelas arus pakai accu dari spool masuk ke regulator alias kiprok dr kiprok ke accu ke kontak masuk ke cdi + - pulser dan coil ackh ribet amat jelas pakai pulser penempatan bisa di nok as atw bekas rumah platina biar simpel pulser bs pakai alva atau supra bikin jalu taro as nok as set timing top nya posisikan pada top lanjut geser ke kanan pada f disitu top pengapian catatan panjang jalu kl di nokas 3ml tp kl di kruk as 20 ml posisi f ,jalu sudah melewati pulser
tir mengatakan…
bisa nggga kalo mindahin dari cdi matik ke cdi persneleng manual? kasih penjelasan gan.
trimns
tir mengatakan…
gan, bisa ga kalo cdi matik di oper ke motor persneling manual. kasih penjelasan gan
kang tono mengatakan…
try bisa banget om cdi matik sama yng penting harus tau pin soket cdi nya jang terbalik cdi matik nya apoa trs mo di pasang ke motor apa yng penting tau pin soketnya maksudnya pin coil pulser arus plus dan massa kl dah tau yg di atas ada yg ngerubah jalu pada magnit ada juga yng ngga usah lain kl cdi matik apa pasang di motor apa misal mio ke jupiter ntar sambung lg yaaaaaa

Postingan populer dari blog ini

PROFIL SAYA